Menyadari sesuatu baru, melepas dan raih

by gagsight

Sayang sekali kita sering terlambat menyadari perlunya mengambil langkah. Kita mendekam dalam sebuah kebiasaan, meskipun kebiasaan itu tidak sepenuhnya nyaman, dan kita lebih memilih berdiam diri daripada bertindak, yang murni karena kemalasan atau rasa takut.

Jika kamu kesulitan berpindah dari tempat kamu sedang berada ke tempat yang seharusnya kamu tuju, mungkin ada baiknya kamu mencari gambaran yang jelas tentang tempat baru yang menjadi tujuan kepindahanmu. Hal ini bisa berarti memeriksa sebuah lokasi, mencoba hubungan baru, atau mengikuti jejak seseorang dalam karier yang kamu inginkan. Begitu kamu terbiasa dengan tempat baru tersebut, akan lebih mudah bagimu untuk meninggalkan yang lama.

Langkah ini merupakan tersulit bagi banyak orang. Bayangkan kamu memanjat tebing batu di pegunungan. Kamu sudah setengah jalan, ratusan meter di atas dasar tebing . Kamu baru saja mencapai sebuah ceruk datar yang sempit. Rasanya ngeri, dan kamu sadar keselamatanmu terancam jika ada angin atau badai yang datang, tetapi di ceruk datar itu setidaknya kamu memperoleh rasa aman.

Persoalannya, kamu harus terus naik, atau bahkan turun lagi. Kamu harus meninggalkan rasa aman yang ditawarkan ceruk datar itu dan mencari tempat untuk berpijak lainnya. Melepaskan rasa aman, seberapa pun kecilnya, merupakan tantangan, entah dalam panjat tebing atau memilih jalan baru dalam kehidupan. Kamu harus meninggalkan pijakan yang lama dan pindah ke yang baru. Banyak orang mematung ditahap ini, atau mereka bersiap memulainya tetapi kemudian merasa takut dan mengurungkannya. Jika kamu merasa dirimu dalam situasi ini, bayangkan dirimu sedang memanjat tangga. untuk bergerak ke anak tangga selanjutnya kamu harus melepaskan peganganmu dan meraih pegangan berikutnya. Lepaskan, raih, dan tarik dirimu ke atas, satu demi satu anak tangga!